Rabu, 18 Juni 2014

Senam Otak dan Keagle Exercises


BAB I

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Otak merupakan kumpulan jaringan syaraf yang terlindungi di dalam tengkorak. Jaringan syaraf yang tersusun dari bermilyar-milyar neuron (sel syaraf) ini terbagi menjadi dua, yakni otak besar (serebrum) yang terdiri dari belahan otak kanan dan kiri dan otak kecil (serebelum). Bila menulusuri sistem kerja otak, otak memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Karena, organ yang beratnya 1400 gram dan memiliki volume sekitar 230 cm3 ini merupakan pusat pengendali berbagai aktivitas fisik maupun mental.
Sebagai sistem syaraf pusat, otak berfungsi penting untuk tubuh karena otak mengatur kegiatan yang membutuhkan daya pikir yang baik. Namun otak bisa memiliki masalah karena kurangnya stimulus yang baik. Dibutuhkan gerakan sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari untuk memaksimalkan kerja otak.  Dalam buku Brain Gym karangan Dr. Paul E. Dennison, Ph. D. dan Gail E. Dennison menyatakan senam otak sebagai pelatihan otak yang sudah dikembangkan sejak tahun 1970.
Kegel adalah senam untuk menguatkan otot panggul yang ditemukan oleh Dr. Kegel. Otot panggul atau otot PC (PuboCoccygeal Muscle) adalah otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus. Bila Anda menahan dan melepaskan air seni, berarti Anda sedang menggerakkan otot panggul. Berbagai kondisi dapat menyebabkan melemahnya otot-otot panggul, seperti kehamilan, melahirkan, dan kelebihan berat badan. Otot-otot panggul yang lemah menyebabkan penurunan kemampuan untuk mengendalikan berkemih atau buang air besar. Sebagai contoh, pada saat kandung kemih anda sudah penuh dengan urin, anda tentu akan menahan agar urin tidak segera keluar sebelum anda sampai di toilet atau kamar mandi. Meskipun sudah urin sudah sangat mendesak dan mungkin kandung kemih sudah meregang, anda mampu mencegah aliran urin keluar. Otot yang membantu anda untuk menahan urin untuk tidak segera keluar diperankan oleh otot-otot panggul. Apabila otot-otot panggul ini sudah melemah, kemampuan untuk mengendalikan perkemihan pun akan menurun.
Otot-otot panggul sama seperti otot-otot di bagian tubuh yang lain. Jika otot ini sudah mulai melemah, dapat dilatih untuk memperkuatnya kembali.

B.       Rumusan Masalah
1.         Bagaimana sejarah senam otak dan senam kegel ?
2.         Apa pengertian senam otak dan senam kegel ?
3.         Apa alasan dilakukan senam otak dan senam kegel ?
4.         Apa manfaat dari senam otak dan senam kegel ?
5.         Bagaimana cara melakukan senam otak dan senam kegel ?

C.       Tujuan Penulisan
1.         Untuk mengetahui sejarah senam otak dan senam kegel
2.         Untuk memahami mengenai senam otak dan senam kegel
3.         Untuk mengetahui manfaat senam otak dan senam kegel
4.         Untuk mengetahui cara-cara senam otak dan senam kegel
 

BAB II
PEMBAHASAN
A.     Senam Otak
1.      Sejarah
Paul E. Dennison, Ph. D. , adalah seorang pendidik profesional, pelopor dalam bidang kinesiologi, dan kewenangan pada terobosan pencapaian keterampilan kognitif dan akademik. Pada tahun 1960 Dr Dennison mulai penelitian mani menjadi prestasi membaca dan hubungannya dengan perkembangan otak yang akan membentuk dasar untuk pekerjaan Brain Gym - program pembelajaran yang luar biasa - gerakan berbasis yang telah membantu orang-orang dari segala usia mengubah tantangan menjadi keberhasilan belajar mereka. Bekerja bersama dokter mata perkembangan, Dennison menawarkan murid-muridnya program penuh dalam pembangunan sensorik, termasuk gerakan-gerakan sederhana yang tampaknya untuk membantu dengan keseimbangan dan persepsi keterampilan. Gerakan-gerakan ini suatu hari nanti akan memicu ide untuk Brain Gym.
Pada tahun 1975, di University of Southern California, Paulus menerima penghargaan Phi Delta Kappa untuk Outstanding Research. Dia diberikan gelar Doktor dalam Pendidikan untuk penelitian dalam pencapaian awal membaca dan hubungannya dengan perkembangan kognitif dan bicara diam ( berpikir ) keterampilan. Dia mulai mengembangkan apa yang kemudian menjadi Pendidikan Kinesiology ( Edu - k ) - mendasarkan penemuannya pada pemahaman yang unik tentang saling ketergantungan antara pembangunan fisik, penguasaan bahasa, dan prestasi akademik.
Pada awal 1980-an, Paul bergabung dengan Gail, seorang seniman dan gerakan pendidik, yang kemudian menjadi istrinya dan kolaborator pasukan. Mereka bersama - didirikan dan co - dibuat Pendidikan Kinesiology, brain gym  kegiatan, dan seri - Learning through- Gerakan buku dan manual, termasuk Vision Gym : Playful Aktivitas untuk Melihat Alam. Gail E. Dennison adalah pencetus Visioncircles, Double Doodle Play, dan Gerakan Dynamics kursus. Dia telah menjabat selama dua puluh tiga tahun sebagai Executive Editor dari Brain Gym  Journal.
Baik Paulus dan Gail adalah anggota dari Fakultas Internasional untuk Brain Gym International, dan berkomitmen untuk pembaruan dan redefinisi proses pembelajaran bagi orang-orang dari segala usia dan kemampuan

2.      Pengertian
Senam otak atau brain gym adalah serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana. Gerakan itu dibuat untuk merangsang otak kiri dan kanan (dimensi lateralitas); meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan); merangsang sistem yang terkait dengan perasaan/emosional, yakni otak tengah (limbis) serta otak besar (dimensi pemusatan).

3.      Manfaat
a.       Memungkinkan belajar dan bekerja tanpa stres.
b.      Dapat dipakai dalam waktu singkat (kurang dari 5 menit).
c.       Tidak memerlukan bahan atau tempat khusus.
d.      Dapat dipakai dalam semua situasi termasuk saat belajar/bekerja.
e.       Meningkatkan kepercayaan diri.
f.        Menunjukkan hasil dengan segera.
g.       Dapat dijelaskan secara neurofisiologi: “why learning is not all in  your head”
h.       Sangat efektif dalam penanganan seseorang yang mengalami   hambatan dan stres belajar.
i.         Memandirikan seseorang dalam hal belajar, dan mengaktifkan seluruh potensi dan keterampilan yang dimiliki seseorang.
j.        Diakui sebagai salah satu tehnik belajar yang paling baik oleh National Learning Foundation USA, dan sudah tersebar luas di lebih dari 80 negara

4.      Cara Tindakan Melakukan Teknik Senam Otak
a.       Gerakan ke-1 – Lakukan gerakan tangan dan kaki secara berlawanan ke depan, ke samping atau ke belakang dan bisa diiringi musik yang bersuasana ceria. Gerakan ini bertujuan untuk merangsang bagian otak yang menerima informasi (receptive) dan bagian untuk  mengungkapkan informasi (expressive), sehingga akan mudah untuk proses pembelajaran yang baru dan daya ingat.
b.      Gerakan ke-2 – Duduk yang nyaman dengan meletakkan kedua lengan bawah dan dahi di atas meja. Tempatkan tangan pada bahu dan juga jari-jari menghadap sedikit ke dalam. Tarik napas dengan mengangkat dahi, tengkuk, dan terakhir punggung atas. Hal ini berguna untuk mengambalikan vitalitas otak saat mengahadapi aktivitas melelahkan dan untuk mengatasi stress serta lebih meningkatkan konsentrasi.
c.       Gerakan ke-3 – Buka lebar rongga mulut anda seperti hendak menguap. Berikan pijatan pada otot-otot di sekitar persendian rahang, kemudian menguap dengan suara untuk melemaskan otot rahang. Menguap berfungsi untuk mendapatkan peningkatan manfaat oksigen agar otak berfungsi efisien dan rileks dalam hal penglihatan, komunikasi dan sebagainya.
d.      Gerakan ke-4 – Duduk pada posisi tangan di belakang dan menumpu ke lantai dengan siku ditekuk. Kaki diangkat sedikit kemudian olengkan pinggul ke kiri dan ke kanan dengan santai. Manfaatnya untuk memiliki kemampuan untuk memperhatikan dan memahami dengan melihat ke kanan dan kiri.
e.       Gerakan ke-5 – Ambil posisi duduk pada kursi dan silangkan kaki. Kemudian buat posisi menundukkan badan dengan lengan ke depan bawah. Ambil nafas ketika naik, lalu buang napas saat keadaan turun. Gerakan ini berguna untuk melatih keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kemampuan mengorganisasi dan meningkatkan energi.




B.     Keagle Exercises
1.      Sejarah
Ada berbagai sumber yang menjelaskan mengenai senam kegel, mulai dari siapa penemu senam ini, kapan dipelopori, bagaimana perkembangannya dan berikut diantara sumber mengenai sejarah senam kegel.
a.       Senam kegel awalnya dikembangkan sebagai cara mengendalikan keinginan buang air kevil atau besar sewaktu perwmpuan menjelang melahirkan. Latihan itu diberinama kegel demikian guna menghormati Arnold Kegel, dokter di Los Angeles yang mempromosikannya dalam tahun 1940-an. Prinsip di balik senam Kegel adalah memperkuat otot-otot ini merentang dari belakang sampai kedepan tulang panggul dan mengitari bukaan  dari vagina serta rectum. Memmperkuat otot-otot ini membantu menyerpurnakan fungsi otot-otot cincin di lubang pengeluaran baik saluran kencing maupun poros usus (Leyner, 2006).
b.      Latihan kegel ini diperkenalkan oleh Dr. Arnorld Kegel, seorang Gynecologist, sejak 1945. Latihan ini merupakan rangkaian gerakan yang berfungsi untuk melatih kontraksi otot PC (pubokoksigeus) berkali-kali dengan tujuan meningkatkan tnus dan kontraksi otot. Latihan ini dapat menunjukan manfaatnya setelah dilakukan minimal enam minggu. Sementara untuk pria ternyata latihan kegel ini telah dikembangkan sejak 1978 oleh Zilberber. Namun prinsip utamanya tetap pada latihan penguatan otot panggul termasuk penis serta menambah kemampuan seksual (Suryo, 2010).
c.       Latihan yang dirancang untuk memperkuat otot panggul dan mengencangkan vagina ini telah dilakukan oleh para wanita cina dan india sejak dahulu kala. Senam kegel, yang sekarang sudah banyak dipraktikan, diciptakan oleh Dr. Arnold Kegel pada tahun 1948 untuk mengurangi pertarakan (turunnya kemampuan menahan BAK atau BAB) setelah melahirkan (Dollan, Jesicca).



Jadi, senam kegel sudah ditemukan sejak lama, yaitu pada tahun 1945 oleh Dr. Arnold Kegel. Hanya saja pengenalan senam kegel itu sendiri masih belum berkembang di masyarakat. Prinsip senam kegel berdasarkan penjelasan diatas pada intinya merupakan senam untuk menguatkan otot-otot yang merentang dari belakang sampai kedepan tulang panggul dan mengitari bukaan dari vagina serta rectum, serta menyerpurnakan fungsi otot-otot cincin dari lubang pengeluaran baik saluran kencing maupun poros usus.

2.      Pengertian
Berikut beberapa pengertian mengenai Kegel Exercise :
a.       Latihan kegel (latihan dasar panggul) memperkuat otot-otot disekitar organ reproduksi dan memperbaiki tonus otot-otot tersebut (Bobak, 2004).
b.      Senam kegel pada dasarnya merupakan senam untuk menekan otot-otot yang menghentikan air seni. Dan senem kegel baik untuk dilakukan, karena selain gerakanya mudah, juga dapat dilakukan dimanapun (Laura, 2006).
c.       Latihan kegel membantu membuat oto pubokoksigeus (PC) yang terletak di sekitar panggul sampai tulang ekor menjadi kuat dan supel, dan meningkatkan sirkulasi darah pada daerah sekitar vagina, yang dapat membantu selama kehamilan dan proses kehamilan (Suririnah, 2008).
d.      Latihan Kegel adalah latihan yang digunakan untuk memperkuat otot dasar panggul dengan cara mengkontraksikan rectum dan uretra yang ditahan selama 3-5 detik kemudian merelaksikannya Dan ini diulangi sebanyak sepuluh kali dalam empat minggu (Mustofa, 2009).
Kesimpulannya, senam kegel adalah senam untuk melatih otot-otot disekitar organ reproduksi, yaitu otot PC atau pubokoksigeus agar menjadi kuat dan supel dengan cara mengkontraksikan rectum dan uretra.




3.      Manfaat
a.       Menguatkan otot-otot vagina dan sekitarnya (perineal) sebagai persiapan persalinan (Yuliarti, 2010).
b.      Mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental (Yuliarti, 2010).
c.       Menjaga kelenturan otot-otot di dasar tulang pinggul akan memperbaiki sirkulasi dan dapat mencegah wasir (Chopra, 2006).
d.      Memulihkan dan memperkuat otot-otot yang mengelilingi dan mendukung kandung kemih, rahim (Damayanti, 2010).
e.       Mempercepat penyembuhkan jahitan dengan memperbaiki sirkulasi (Marshall, 2000).
f.        Tegangan vagina akan kembali lebih cepat (Marshall, 2000).
g.       Setelah bertahun-tahun lewat, latihan ini akan membantu mencegah “mengompol”(tak dapat menahan kemih) ketika batuk atau bersin (Marshall, 2000).
Jadi, dari berbagai manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa senam kegel itu bermanfaat bukan hanya untuk wanita setelah melahirkan. Namun sebelum melahirkan dan kapan pun dapat dilakukan untuk kebugaran otot PC.

4.      Cara Tindakan Melakukan Teknik Senam Kegel
Tahapan pada senam kegel menurut Nurdiansyah (2011), yaitu:
a.       Kenali terlebih dahulu otot-otot yang berhubungan dengan senam kegeldan fungsi kerjanya. Caranya, saat buang air kecil, cobalah untuk menghentikan pancaran air seni dengan melakukan kontraksi atau menguncupkan otot-otot ini. Kemudian, kendurkan lagi sehingga pancaran air seni kembali lancar. Bagian ototitulah yang akan kita latih (Nurdiansyah, 2011)
b.      Tahap berikutnya adalah dengan melakukan kontraksi atau menucupkan otot-otot tadi sekitar lima detik dan mengendurkannya lagi setelah beberapa saat. Tahap ini dapat dilakukan dimana saja, bahkan ketika sedang berdiri. Lakukan beberapa kali dalam sehari (Nurdiansyah, 2011)
c.       Jika, latihan yang pertama sudah cukup lancar, lanjutkan dengan menguncupkan dan mengendurkanya dengan lebih keras dan menahanya lebihlama (sekitar 10 detik). Lakukan senam kegel sebanyak 2-3 kali sehari, selama sekitar 6-8 minggu (Nurdiansyah, 2011). 

BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Untuk melakukan senam otak pada tahapan tidak membuatuhkan waktu yang lama, cukup 10 menit sekali dalam sehari. Selain senam otak, beberapa aktivitas sehari-hari berikut ini akan mengoptimalkan performa otak :
1.    Berjalan
2.    Kegiatan seni
3.    Beristirahat
Latihan Kegel adalah untuk memulihkan otot dan kekuatan untuk otot-otot pubococcygeus untuk mencegah atau mengurangi masalah dasar panggul dan meningkatkan kepuasan seksual. Senam kegel dikatakan baik untuk mengobati prolaps vagina dan mencegah prolaps rahim pada wanita. Latihan kegel mungkin bermanfaat dalam mengobati inkontinensia urin pada pria dan wanita. Senam kegel juga dikenal sebagai latihan dasar panggul, atau hanya Kegels.

B.       Saran
1.    Untuk Mahasiswa
Agar Mahasiswa lebih memahami manfaat dan pengertian tentang senam otak dan Keagle Exercises
2.    Untuk Masyarakat
Supaya masyarakat dapat melakukan tehnik senam otak dan senam kegel, dengan mandiri untuk menjaga kesehatan
3.    Untuk Perawat
Perawat dapat memberikan latihan gerakan senam otak bagi lansia sesuai dengan langkah-langkah yang benar dan mudah dipahami


DAFTAR PUSTAKA

Ayinosa. 2009. Brain Gym (Senam Otak). Diperoleh dari http://book.store.co.id/2009. Diakses tanggal 20 Maret 2013.
Cecilia Freeman & Gail Dennison. 1998. . I Am The Child (Akulah Anak Itu). Jakarta : Grasindo
Dennison, P., Gail, E. 2002. Buku Panduan Lengkap Brain Gym. Jakarta : Gramedia
Faisal, Amir. 2008.  Menyiapkan Anak Menjadi Juara. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Prashnig, Barbara. 2012. The Power of Learning Styles. Network Continuum Education
Purwanto, dkk. 2009. Manfaat Senam Otak (Brain Gym) dalam mengatasi Kecemasan dan Stres Pada Anak Sekolah. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, VOL.. 2, NO. 1, JUNI 2009
Saleh , Arman Yurisaldi dkk. 200?. Hanacaraka: Untuk Senam Otak, Kreativitas, dan
Rehabilitasi Saraf : Menguak Misteri Hanacaraka Dari Sisi Ilmiah. Jakarta : Ref Publisher
 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar